Thursday, March 30, 2017

Resep Cakue Sederhana

Karena Malang masih sering hujan meskipun sudah berada di ujung bulan Maret, dan hawa nya dingin sekali, bikin nafsu ngemil merajalela. Untuk sementara lupakan diet lah. Terbayang enaknya cakue hangat ditemani saos tomat plus mayonaise. Resep Cakue Sederhana ini sangat mudah, saya yakin nggak ada kata gagal untuk mencobanya. Simak resepnya dibawah ini:
Resep Cakue Sederhana
Resep Cakue Sederhana

Bahan :
  • 250g tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt ragi instan
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • 150 ml air
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • ¼ sdt baking soda
  • ¼ sdt baking powder
Cara membuat Resep Cakue Sederhana:
  1.  Dalam wadah terpisah, masukkan ragi instan, gula dan sedikit air hangat. aduk hingga gula larut, diamkan sekitar 2menit hingga muncul buih-buih kecil yang menandakan ragi aktif dan bekerja dengan baik
  2. Ayak tepung terigu, baking soda, dan baking powder. Masukkan larutan ragi, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan. 
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai adonan kalis. Jika adonan terlalu lembek, tambahkan lagi tepung terigu sedikit hingga adonan tidak lengket ditangan.
  4. Bulatkan adonan. Tutup dengan plastik wrap atau kain lembab. Untuk daerah yang berhawa dingin, saya menyiasatinya dengan memasukkan adonan ke dalam oven tangkring rak kedua, di dasar oven saya letakkan panci berisi air panas, untuk menciptakan suasana lembab. 
  5. Diamkan adonan selama setengah jam. Setelah itu uleni kembali hingga benar-benar kalis dan tidak lengket di tangan. Diamkan kembali adonan, selama kurang lebih 2 jam.
  6. Ambil sedikit adonan, kira kira sebesar bola bekel. Pilin memanjang, buat lagi dengan ukuran yang sama, tempelkan sehingga berbentuk seperti jari telunjuk dan tengah yang menempel. lakukan hingga adonan habis.
  7. Goreng adonan dengan minyak banyak (deep fry), tarik memanjang ketika adonan akan masuk ke minyak. goreng hingga kuning keemasan.
  8. Angkat dan tiriskan.
Siapa yang tahan godaan Resep Cakue Sederhana ini, renyah di luar, lembut di dalam. Sajikan dengan saos botolan, atau dicampur dengan mayones.
 
loading...